Inilah Langkah Kerja Konsultan Politik yang Harus Dipahami

Pemenangan dalam pemilihan umum bukan hal yang bisa ditebak begitu saja. Pesta rakyat pemilihan umum dari masa ke masa pasti ada pro dan kontra setelahnya. Bahkan sebelum diumumkan kandidat-kandidat yang mengikuti pemilihan umum pasti ada saja gosip miringnya. Dimulai dari gosip money politik, kandidat yang kurang berpotensi dan masih banyak lainnya. Salah satu kunci memenangkan adalah dengan melakukan kampanye. Biasanya dalam kampanye ini kandidat-kandidat akan menyuarakan visi dan misi serta tujuan yang ingin dicapai setelah menang pemilihan umum. Pemilihan umum pastinya tidak akan lepas dari peran konsultan politik. Bayangkan jika kandidat pemilihan umum maju begitu saja tanpa persiapan apa-apa. Bisa jadi akan terdepak terlebih dahulu sebelum melakukan apa-apa.

konsultan politik

4 Langkah Kerja Konsultan Politik

Konsultan politik tidak hanya memberikan solusi bahwa calon harus ini harus itu. Namun juga melakukan banyak hal supaya orang yang melakukan konsultasi kepadanya bisa mendapatkan efek baik. Tiap-tiap kebutuhan calon tentunya berbeda-beda tergantung kompleksitas panggung politik. Karena itulah, konsultan politik harus membuat pertimbangan yang matang terlebih dahulu sebelum mengajukan cara kerja kepada kliennya.

Nah untuk Anda yang merasa ingin tahu lebih banyak bagaimana cara kerja konsultan politik. Simak beberapa langkah kerjanya dibawah ini.

  1. Training

Merupakan layanan yang dipakai para konsultan politik untuk memberikan pelatihan. Baik itu pelatihan untuk klien itu sendiri atau untuk anggota tim klien. Sebagai contohnya adalah memberikan pelatihan manajemen tim sukses, pelatihan saksi ketika pemilu, dan pelatihan lainnya sesuai kebutuhan klien. Dengan ini, maka pihak klien bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai apa-apa aja yang dibutuhkan untuk kedepannya.

  1. Pendampingan

Kemudian ada layanan pendampingan yang dibutuhkan oleh klien. Untuk layanan ini dimulai dari mendapatkan posisi bakal calon menjadi calon resmi, mendapatkan sponsor, membantu citra diri dan partai. Sampai pendampingan jika klien mendapatkan konflik pasca pemilu. Jadi bukan berarti setelah masa pemilihan umum selesai pihak konsultan politik lepas tangan begitu saja. Tentunya konsultan politik tetap memiliki tanggung jawab serta effort yang baik untuk setiap klien. Karena jika begitu saja ditinggal tentunya akan membuat klien menjadi tidak ingin melakukan kerja sama lagi.

  1. Membuat Strategi

Pihak konsultan politik pastikan akan membantu membuatkan strategi yang ampuh supaya bisa memenangkan ketika pemilihan umum tiba. Strategi ini didapatkan setelah mengetahui dan mendapatkan hasil dari mapping, monitoring dan mobilizing. Strategi paling dominan merupakan pencitraan diri.

  1. Langkah yang diambil untuk mapping adalah melakukan pemetaan jaringan, media komunikasi, dan melakukan survey perilaku pemilih. Jika sudah didapatkan, nantinya pihak konsultan akan mengetahui perilaku pemilih di suatu daerah. Dengan begitu, calon nantinya bisa mengenalkan diri secara lebih baik.
  2. Hal ini dilakukan untuk memantau pendapat publik mengenai citra si klien. Jika sudah didapatkan, maka bisa mengambil langkah yang sudah ditentukan sebelumnya.
  3. Dimanfaatkan oleh konsultan untuk melakukan mobilisasi klien supaya bisa melakukan promosi serta mengangkat citra baik. Hal ini bersangkutan dengan keberlangsungan pemilu.
  4. Mengumpulkan Massa

Langkah kerja terakhir yang dilakukan oleh konsultan politik adalah menggiring pendukung dan merangkul banyak pendukung baru. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk mendukung klien yang sudah melakukan kerja sama dengan konsultan politik tersebut. Nantinya massa ini digunakan untuk memenangkan perolehan angka saat pemilihan umum.

Nah itulah beberapa langkah kerja konsultan politik yang perlu Anda ketahui sebelumnya.