Mengetahui Peran Dan Fungsi Dari Lembaga Politik

Sebuah negara tentu saja terdapat pemerintahan dan juga interaksi dengan masyarakatnya. Proses pemerintahan dan interaksi antar masyarakat agar bisa berjalan lancar di butuhkan sebuah lembaga yang di sebut dengan lembaga politik. Nah lembaga sendiri tidak hanya mengatur hubungan antara kekuasaan dan wewenang masyarakat saja. Namun juga mencapur antara penerapan hukum dan paksaan fisik demi mencapai kepentingan bersama. Nah aspek yang harus diperhatikan pun sangat penting. Lembaga politik memiliki kewenangan dalam menggunakan kekuatan fisik. Sedangkan lembaga politik juga mampu memenuhi kebutuhan sendiri. Nah apa saja ciri-ciri dari lembaga politik sendiri? Yuk simak!!!

lembaga politik

  • Komunitas manusia yang secara sosial bersatu (hidup bersama) atas dasar nilai-nilai yang sudah disepakati.
  • Adanya asosiasi politik atau pemerintah yang aktif.
  • Asosiasi akan menjalankan fungsi-fungsi kepentingan umum. Bahkan asosiasi juga diberikan kewenangan luas (jangkauan kewenangan hanya dalam bentuk teritorial tertentu.

Lalu Apa Saja Fungsi Dari Lembaga Politik?

Apabila anda bertanya apa fungsi dari lembaga politik, tentu saja lembaganya memang sangat banyak sekali. Kami akan menjelaskan satu per satu fungsi dari lembaga politik yang wajib anda ketahui. Adapun beberapa fungsi yang bisa anda ketahui adalah berikut ini.

  1. Menjaga ketertiban di dalam

Fungsi pertama yang pastinya di miliki lembaga politik adalah menjaga ketertiban di dalam masyarakat dengan kewenangan yang ada di dalamnya. Tentu saja ini bisa memanfaatkan cara persuasi maupun dengan paksaan fisik.

  1. Menjaga keamanan dari luar

Dengan alat-alat yang dimiliki, tentu fungsi yang di miliki dari lembaga adalah mempertahankan negara dan masyarakat dari serangan pihak luar. Dengan mempertahankan biasanya akan di lakukan dengan cara diplomasi atau perang.

  1. Melaksanakan kesejahteraan umum

Merencanakan dan melaksanakan pelayanan pokok adalah tanggung jawab dari lembaga politik. Selain itu juga bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat layaknya dengan pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Tentu saja tugas utamanya adalah menjaga tugas dari lembaga politik.

  1. Sarana sosialisasi politik

Peran dari lembaga politik pun sebagai sarana sosialisasi politik. Tentu saja di dalam ilmu politik sendiri akan diartikan sebagai proses dimana seseorang memperoleh sikap juga orientasi akan fenomena politik. Tentu saja ini berlaku pada masyarakat dimana ia berada.

  1. Sarana kontrol politik

Fungsinya adalah membantu meningkatkan dan meluruskan kebijakan-kebijakan pemerintah. Hal ini berkaitan dengan penetapan keputusan-keputusan bahkan kebijakan yang kadang terjadi kesalahan. Atau mungkin tidak sesuai dengan kepentingan dari masyarakat. Nah tentu saja ini menjadi fungsi utama dari lembaga politik. Kontrol sendiri juga memiliki fungsi dalam membatasi kewenangan-kewenangan pemerintah yang dapat merugikan rakyat mereka. Bahkan melakukan pengawasan akan pelaksanaan jalannya kepemerintahan agar dapat berjalan dengan baik.

  1. Sarana partisipasi politik

Mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah. Tentu karena partai politik menerima dan menampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan nasional. Karena negara ini memiliki sistem demokrasi maka membutuhkan peran lembaga politik sebagai penampung suara masyarakat.

Nah itulah beberapa ulasan yang berkaitan dengan fungsi lembaga politik. Dengan informasi ini di harap anda jauh lebih mengenal lembaga politik dan tidak merasa bingung lagi. Yang pasti anda bisa mendapatkan informasi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Terimakasih anda sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini membantu anda untuk menemukan informasi yang lebih detail.